Pages - Menu

09/01/11

Bersama tomat hindari kanker dan jantung

Walaupun murah tomat kaya gizi, tomat oleh para ahli botani disebut sebagai Lycorvesium esculentum Mill. Merupakan tanaman dari family solanaceae,yaitu berbunga seperti terompet.

Buah ini diakui oleh banyak ahli memiliki banyak mamfaat bagi kesehatan, salalh satunya menyembuhkan kanker dan penyakit jantung.

Menurut Prof.DR.Made Astawa, dosen di Defartemen Teknologi Pangan dan Gizi Institut Teknologi bandung (ITB). Pada lapisan luar tomat terdapat likopen, anti oksidan yang dapat mencega berbagai jeis kanker.

Seperti di kutip dari situs kompas.com. tomat baik dalam bentuk segar maupun olahan, memiliki zat gizi yang cukup dan lengkap.

Salah satunya karena likopen tinggi, likopen ini merupakan pigmen yang menyebabkan tomat berwarna merah. Likopen diketahui memiliki kemampua antioksida dan dapat melindugi tubuh terhadap penyakit saperti kangker da penyakit jantung.

Tomet yang dihancurkan atau dimasak merupakan sumber likopen diabnding dengan toat yang mentah.

Sebagai contoh jumlah likopen dalam jus tomat bisa mencapai lima kali lebih banyak daripada tomat segar. Para peneliti , menduga tomat yang dimasak atau dihaluskan dapat mengeluarkan likopen lebih banyak sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Likopen terdapat dibagian dinding tomat, dengan minyak zaitun memudahkan tubuh menyerap likopen lebih mudah.

Dan tomat dapat pula digolongkan sebagai sumber viamin C yang sangat baik, karena 100 gram tomat memenuhi 20 persen atau lebih dari kebutuhan vitamin C sehari. Vitamin C memelihara gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka-luka, mencega penyakit Scurvy, serta menghindarkan terjadinya pendaraha pembulu dara halus.

Selain itu tomat juga merupakan sumber vitamin A yang baik karena 100 gram tomat dapat menyumbangkan 10-20 persen dari kebutuhan vitamin A sehari. Vitamin A sangat diperukan bagi kesehatan organ penglihatan , sistem kekbalan tubuh, pertumbuhan dan reproduksi. Vitamin A dan C juga berkhasiat sebagai anti oksida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger news

About


ShoutMix chat widget